Minggu, 31 Mei 2009

ABAD KOMPUTER

Pada abad dua puluh ini manusia mengalami perkembangan teknologi yang begitu pesat terutama sejak di temukannya listrik dan pembangkitnya, sekarang hampir semua perlengkapan rumah tangga menggunakan tenaga listrik sebagai sumbernya, berbagai daya dan upaya di cari untuk menghasilkan tenaga listrik yang sekarang sudah menjadi kebutuhan pokok bagi umat manusia. Sebenarnya sejak jaman purba bahkan sejak terbentuknya bumi sudah mucul listrik sebagai gejala alam yang lumrah. Tapi manusia pada waktu itu belum tahu cara mendapatkan dan cara menggunakannya.
Pada waktu awan hitam berarak beserta dengan tiupan angin maka timbul loncatan-loncatan bungan api dan di iringi suara menggelegar itu adalah sebenarnya listrik yang sedang menunjukkan kekuatannya. Listrik sudah di ciptakan Sang Pencipta alam semesta untuk kepentingan manusia. Manusia lah yang mengamati dan mempelajari gejala alam ini supaya digunakan untuk kepentingan generasi penerusnya. Gejala alam ini yang kemudian oleh Benyamin Franklin di teliti dan berusaha untuk di pahami hingga ia bisa menemukan alat anti petir pada tahun 1752. Generasi selanjutnya dari umat manusia tidak berhenti terus menggali ilmu demi menemukan sesuatu yang berguna. Berikutnya pada tahun 1800 di temukan batere elektrik oleh Volta suatu penemuan awal yang sangat menunjang bagi generasi berikutnya. Penemuan yang takkalah mengggembirakan bagi umat manusia yaitu di temukannya bola lampu pijar oleh Thomas Edison pada tahun 1879 .
Setelah berbagai penemuan di atas maka berlanjut berbagai penemuanyang berhubungan dengan listrik sebagai hasil dan sumber tenaganya. Begitu juga dengan komputer adalah benda hasil dari penemuan umat manusia yang bekerjabersumber pada tenaga listrik jadi sekarang masih mustahil untuk memisahkan komputer denganlistrik itu sendiri, tanpa ada nya listrik komputer tidak mampu berbuat apa-apa, Hanya saja perkembangan jaman membuat energi listrik semakin terkuras selain oleh permintaan yang mendadak sangat besar bagai penduduk dunia juga karena bahan tambang yang di anggap cara paling mudah untuk menghasilkan listrik semakin menipis. Berbagai peralatan yang bertenagalistrik di perbaharui supaya lebih hemat energi, seperti lampu, televisi,lemari es, AC, pompa air dantak ketinggalan juga komputer. Sangat kebetulan sekali para peneliti tak pernah lelah sehingga di ciptakan kemajuan pesatdalam menghemat enegi listrik Seperti layar monitor komputer yang tadinya bertenagakan tabung vakum yang membutuhkan energi hingga puluhan watt sekarang sudah di temukan layar minitor LCD dan layar monitor plasma, dengan energi yang lebih kecil. Selain itu komponen pendukungbagi komputer juga hemat energi dari tabung vakum , transistor lalu di bentuk kumpulan transistorkecil dalam sebuah IC hingga microchip yang membutuhkan energi lebih sedikit tapi mempunyaikemampuan yang luar biasa besar. Bisa juga di katakan semakin hemat energi berarti juga hematbiaya sekaligus mengurangi kerusakan lingkungan akibat pembakaran yang bisa menyebabkan pemanasan global.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar